Ads 468x60px

Sabtu

0 Bagi Pecandu alcohol dan berniat untuk berhenti, ini ada kabar gembira





Chili, Banyaknya orang menjadi pecandu alkohol membuat seorang peneliti mencari cara untuk mengatasinya. Peneliti kini tengah mengembangkan vaksin yang dapat digunakan utnuk melawan kecanduan alkohol.

Peneliti dari Chili sedang mengembangkan sebuah vaksin untuk melawan kecanduan alkohol yang akan diuji pada manusia tahun depan. Vaksin ini bekerja dengan menetralkan enzim yang memetabolisme alkohol.

"Vaksin ini berupa terapi genetik berdasarkan dehidrogenase aldehid, yaitu sekelompok enzim yang memetabolisme alkohol dan bertanggung jawab atas toleransi alkohol," kata Juan Asenjo yang memimpin tim peneliti di Chile's Faculty of Sciences and Mathematics dan laboratorium pribadi Recalcine, seperti dilansirMedindia, Sabtu (8/1/2011).

Menurut Asenjo, sekitar 20 persen penduduk Asia kekurangan enzim ini, sehingga terjadi reaksi yang kuat untuk mengonsumsi alkohol.

Tapi Asenjo memperingatkan, vaksin ini dapat menyebabkab sedikit efek samping seperti meningkatkan kegelisahan, mual dan tachycardia (detak jantung dipercepat).

"Tapi engan vaksin ini, keinginan untuk mengkonsumsi alkohol akan sangat berkurang," jelas Asenjo.

Tim peneliti telah berhasil menguji vaksin ini pada tikus yang kecanduan pada alkohol dan membuat tikus-tikus tersebut mengurangi separuh dari kecanduannya mengonsumsi alkohol.

"Idenya adalah agar 90-95 persen manusia mengurangi konsumsi alkohol," kata Asenjo.

Vaksin ini akan bekerja seperti halnya koyo atau pil yang membantu menghilangkan kebiasaan merokok, tapi dengan efisiensi yang lebih baik dengan secara khusus menargetkan sel hati dan untuk menghindari efek samping pada semua sel.

Tahun ini, peneliti berencana untuk fokus pada produksi massal sel virus dan melakukan tes pada hewan untuk menentukan dosis yang tepat sebelum meluncurkan tes pada manusia pada tahun 2012.


sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/01/08/141247/1542280/763/vaksin-khusus-agar-tak-jadi-pecandu-alkohol?l991101755

0 komentar:

Posting Komentar